Senin, Januari 28, 2008

Siparhorja do Pangurus, Ai Do Ase Loja

Yang namanya pengurus di organisasi manapun tidak pernah jauh dari yang namanya lelah, jenuh, bosan, bahkan terkadang ingin marah karena merasa ada begitu banyak hal yang tidak bisa dikerjakan dengan baik dan ‘sempurna’.


Tapi, itulah hakekat pengurus. Pengurus dibentuk agar setiap kegiatan, setiap hal yang DIURUS bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan.


Pengurus yang merencanakan konsepnya, merencakan bagaimana cara mencapainya., merencanakan strategi-strateginya, bahkan pengurus yang harus menggerakkan dan akhirnya bekerja sampai kegiatan dan segala program terlaksana dengan baik dan mencapai tujuan.


Pada akhirnya, pengurus adalah orang yang paling lelah.


Tidak banyak orang yang bisa memahami dan menerima kenyataan ini.


Ada beberapa anggapan yang sangat kental yang berhubungan dengan keberadaan pengurus :

  1. Pengurus adalah orang yang harus dihormati dan disegani
  2. Pengurus adalah orang yang berkuasa dan bisa mengatur segalanya (harus didengar)
  3. Pengurus adalah orang yang hebat.


Padahal pada kenyataannya, pengurus adalah orang yang harus benar-benar rela bekerja keras sampai semua hal bisa berjalan dengan baik. Atau dengan kata singkatnya perngurus adalah orang yang mau tidak mau harus bekerja. Pengurus harus tahu segala hal yang berhubungan dengan organisasinya. Pengurus harus tahu bagaimana cara mengatasi masalah yang sedang marak dibicarakan di kalangan anggotanya. Yang pasti pengurus harus punya banyak mata, banyak telinga, banyak kaki dan tangan, supaya anggotanya bisa menikmati semuanya dengan tenang dan akhirnya bisa menikmati jerih lelah pengurus dan akhirnya belajar juga untuk memberikan diri sebagai pengurus.


Friksi dan pertentangan adalah hal yang sangat wajar dalam suatu kepengurusan. Namanya juga mempersatukan begitu banyak kepala untuk memperoleh satu keputusan yang disepakati bersama untuk pada akhirnya ditindaklajuti dan diselesaikan bersama.


Jadi, bagaimana? Masih tertarik untuk jadi pengurus?


Jangan menyerah. Serahkan semua ketakutan kepada Tuhan. Setiap hal yang akan kita hadapi dalam kepengurusan adalah kerikil-kerikil yang harus dilalui, dijalani, karena semuanya akan membentuk diri kita untuk semakin dewasa dan matang..


Don’t ask what GKPS can do for you?


But JUST ask, what can I do for GKPS???

Are you ready??

Let’s go....


Hasil perenungan yang semakin lengkap dan kaya

setelah acara BONA TAHUN PGKPS Cikoko.

STAND UP!!!!!

28 Oktober 2007 modified, Jan.20th, 2008

Tidak ada komentar: